Assalamu Alaikum Wr. Wb.
Advertising Agency atau Perusahaan Periklanan adalah suatu organisasi/perusahaan jasa independen yang mengadakan kontrak dengan pihak pengiklan/advertisers (yaitu perusahaan atau individu berusaha untuk mencari pelanggan/customers untuk produk dan jasa mereka), untuk mengelola iklan mereka.
Advertising Agency atau Perusahaan Periklanan adalah suatu organisasi/perusahaan jasa independen yang mengadakan kontrak dengan pihak pengiklan/advertisers (yaitu perusahaan atau individu berusaha untuk mencari pelanggan/customers untuk produk dan jasa mereka), untuk mengelola iklan mereka.
Secara historis, pelayanan jasa agen periklanan hanya menyangkut pada masalah yang bersifat kreatif, tetapi kemudian, konsep agency diperluas sehingga mencakup pada layanan penelitian dan perencanaan media dan pembelian (research services and media planning and buying).
Perusahaan agency biasanya diklasifikasikan menurut jenis usaha yang mereka tangani (misalnya, keuangan, industri, atau konsumen barang kemasan - financial, industrial, or consumer packaged goods) ataupun berbagai layanan yang mereka tawarkan (misalnya, kreatif, media, atau layanan penuh - creative, media, or full service).
*Kompensasi untuk layanan ini berasal dari tiga sumber yang berbeda:
(1). Komisi 15% dari media yang memuat iklannya berdasarkan biaya yang dikenakan untuk pemakaian ruang dari media space atau waktu yang digunakan.
(2). Biaya/fee yang dikenakan untuk jasanya (biasanya tidak berdasarkan sistem komisi, seperti survei pasar).
Namun masalah akan terjadi ketika nilai-harga hubungan antara penempatan media dan layanan kreativitas ternyata tidak seimbang (misalnya, ketika klien menggunakan penyiaran komersial/iklan yang sama untuk jangka waktu yang panjang, tidak membawa hasil yang kreatif, melainkan dihadapkan pada tagihan jutaan dolar dari pihak broadcast), maka untuk itu pihak agency akan dikompensasian dengan penggantian sistem biaya komisi 15%.
(3) Persentase biaya atas bahan dan jasa yang digunakan dalam penyusunan iklan, dalam wilayah ini, klien dibebankan biaya ditambah 17,65%
Dalam agency yang lebih kecil, banyak pekerjaan yang digabungkan atau diisi oleh tenaga lepas/freelancer. Selain itu, ada agency yang lebih kecil akan menyewa perusahaan-perusahaan luar yang lebih besar untuk memberikan layanan yang dimiliki oleh seluruh departemen dalam lembaga yang lebih besar tersebut.(allbusiness.com/rtn).
*Struktur organisasi dari full-service advertising agency:
*Struktur organisasi dari full-service advertising agency:
Struktur tipikal dari sebuah biro iklan yang menyediakan layanan yang lengkap ( full-service advertising agency), memiliki struktur yang komplit seperti berikut ini : .
Dari CEO >> Board of Directors >> President Director
Dibawah President Director terdapat beberapa Vice President (VP), seperti VP Creative Services , VP Account Services, VP Marketing Services, dan VP Finance Management.
*VP Creative Services membawahi para Writers, Art Directors, Broadcast Production, Print Productions, Fashion, (Broadcast Prod. dan Print Prod. yang menangani traffic)
*VP Account Services membawahi Account Supervision yang membawahi Account Executive
*VP Marketing membawahi bagian Media dan bagian Sales Promotion serta bagian Research.
*VP Finance Management membawahi bagian Finance, bagian Accounting serta bagian Office Management yang membawahi bagian Personnel/HRD.
Source : https://wajahilmu.blogspot.com/2013/02/advertising-agency.html
Next
« Prev Post
« Prev Post
Previous
Next Post »
Next Post »
✖ Komentar dengan isi Link Aktif, Promosi, atau mengandung unsur Sara akan dihapus.
✔ Bila ingin riquest, bertanya, atau sekedar say hi aja, silahkan ke halaman OOT
✔ Untuk menyisipkan kode, silahkan parse lalu copy dan paste hasil parse ke kolom komentar.
EmoticonEmoticon OOT