Pengertian Advertising Agency

Assalamu Alaikum Wr. Wb.
Advertising Agency atau Perusahaan Periklanan adalah suatu organisasi/perusahaan jasa independen yang mengadakan kontrak dengan pihak pengiklan/advertisers (yaitu perusahaan atau individu berusaha untuk mencari pelanggan/customers untuk produk dan jasa mereka), untuk mengelola iklan mereka.
Secara historis, pelayanan jasa agen periklanan hanya menyangkut pada masalah yang bersifat kreatif, tetapi kemudian, konsep agency diperluas sehingga mencakup pada layanan penelitian dan perencanaan media dan pembelian (research services and media planning and buying).
Perusahaan agency biasanya diklasifikasikan menurut jenis usaha yang mereka tangani (misalnya, keuangan, industri, atau konsumen barang kemasan - financial, industrial, or consumer packaged goods) ataupun  berbagai layanan yang mereka tawarkan (misalnya, kreatif, media, atau layanan penuh - creative, media, or  full service).

*Kompensasi  untuk  layanan  ini  berasal  dari  tiga  sumber  yang  berbeda:
(1). Komisi 15% dari media yang memuat iklannya  berdasarkan  biaya yang dikenakan untuk pemakaian  ruang dari media  space  atau  waktu yang digunakan.
(2). Biaya/fee  yang dikenakan untuk jasanya  (biasanya  tidak berdasarkan  sistem  komisi, seperti survei pasar).
Namun masalah  akan terjadi ketika nilai-harga hubungan antara penempatan media dan layanan kreativitas ternyata  tidak seimbang (misalnya, ketika klien menggunakan penyiaran komersial/iklan yang  sama untuk jangka waktu yang panjang, tidak membawa hasil  yang kreatif, melainkan  dihadapkan pada tagihan  jutaan dolar dari pihak broadcast), maka untuk itu  pihak agency akan dikompensasian dengan penggantian sistem  biaya  komisi 15%.
(3) Persentase  biaya atas bahan dan jasa yang digunakan dalam penyusunan iklan, dalam wilayah ini, klien dibebankan biaya ditambah 17,65%
Dalam agency yang lebih kecil, banyak pekerjaan yang digabungkan atau diisi oleh tenaga lepas/freelancer. Selain itu, ada agency yang lebih kecil akan menyewa perusahaan-perusahaan luar yang lebih besar untuk memberikan layanan yang  dimiliki oleh seluruh departemen dalam lembaga yang lebih besar tersebut.(allbusiness.com/rtn).

*Struktur  organisasi  dari  full-service  advertising agency:
Struktur  tipikal  dari sebuah biro iklan yang menyediakan layanan yang lengkap ( full-service advertising agency), memiliki struktur yang komplit  seperti berikut ini : .
Dari  CEO >> Board  of  Directors >> President  Director
Dibawah  President Director terdapat beberapa Vice President (VP),  seperti   VP  Creative Services , VP Account Services, VP Marketing Services, dan  VP Finance Management.
*VP Creative Services membawahi para Writers, Art Directors, Broadcast Production, Print Productions, Fashion, (Broadcast Prod. dan Print  Prod. yang  menangani traffic)
*VP Account Services membawahi   Account Supervision   yang membawahi Account Executive
*VP Marketing membawahi bagian  Media  dan  bagian  Sales Promotion serta bagian Research.
*VP Finance Management membawahi bagian Finance, bagian Accounting  serta bagian Office Management yang membawahi bagian Personnel/HRD.
Advertising Agency(sumber: Thomas Russell/Glenn Verrill – OTTO KLEPPLINER’ S  ADVERTISING  PROCEDURES  9th ed-1986/ allbusiness.com /rtn)
Bila ingin copas silahkan lapor & cantumkan link berikut.
Source : https://wajahilmu.blogspot.com/2013/02/advertising-agency.html

Share this :

Previous
Next Post »

✖ Komentar dengan isi Link Aktif, Promosi, atau mengandung unsur Sara akan dihapus.
✔ Bila ingin riquest, bertanya, atau sekedar say hi aja, silahkan ke halaman OOT
✔ Untuk menyisipkan kode, silahkan parse lalu copy dan paste hasil parse ke kolom komentar.

EmoticonEmoticon OOT